14 Juli 2013

KENANGAN INDAH DI BANUA TENGAH


Sebagian Rumah Betang Dai Bolong Pambean
Siapa yang sangka di Barat Pulau Borneo tepatnya Kabupaten paling barat perbatasan dengan Negara Malaysia Kabupaten kapuas Hulu ada sebuah desa yang indah, Banua Tengah namanya. Entah mengapa sampai desa itu disebut Banua Tengah? ( Maklum aku tak sempat menanyakan sejarah mengapa di sebut desa Banua Tengah ). Namun, aku sempat mendapat gambaran singkat soal nama itu, entah sebuah celoteh apa gak, tetapi masuk akal juga. Dikatakan "Banua Tengah" karena posisinya persis di Tengah  antara Ibukota Kapuas Hulu-Putussibau dengan Ibu Kota Kecamatan Embaloh Hulu- Banua Martinus.                          
Rumah Betang Dai Bolong Pambean
Banua Tengah, terkenal dengan Rumah Betang (Rumah Panjang)-Rumah Adatnya yang didirikan tahun 1864 oleh Bakik (Kakek) Layo. Nama Rumah Betang, yang sekarang sebagai situs Cagar Budaya ( diresmikan 19 April 2009 ) adalah " SAO LANGKE ADAT - DAI BOLONG PAMBEAN. " Rumah betang ini, dalam sejarahnya direnovasi dan ketinggianya telah mengalami perubahan selama dua kali, pada tahun 1940 dan 2005. Rumah Betang ini, memiliki 39 kamar yang dihuni oleh pewaris-pewaris bakik/kakek moyang mereka dan sebuah Ruangan/Pintu (Gallery ) untuk para tamu/turis yang ingin menginap.
Rumah Betang ini, berada kurang lebih 4 km dari jalan utama ( Lintas Utara ).
Selain Rumah Betang, Banua Tengah memiliki sungai yang airnya jernih, dengan nama Sungai Apalin. Di sungai inilah, kebutuhan air untuk penghuni rumah Betang terpenuhi.


Janji Nikah



Itulah sepintas tentang nama Banua Tengah-Kapuas Hulu-Kalimntan Barat. Merupakan Kenangan Indah karena distulah sejarah hidup baru aku terukir untuk membentuk rumah tangga. Banua Tengah menjadi saksi janji pernikahan kami di sebuah kapela kecil. Dan SAO LANGKE ADAT - DAI BOLONG PAMBEAN menjadi tempat pengukuhan secara adat pernikahan kami. 

Inilah suatu kenangan yang indah dan tak terlupakan. Hidup bersama keluarga besar di rumah Betang sungguh memberi kesan tersendiri. Kekeluargaan dan keramahan memberi pelajaran yang sangat mengesankan.

Semoga kebersamaan dan kesan dalam kebersamaan ini membawa an memberi pelajaran berarti bagi keluarga baruku.

0 komentar:

Posting Komentar